Warehouse, Distribution Center, dan Fulfillment Center – Apa Ya Perbedanya?

 Warehouse, Distribution Center, dan Fulfillment Center – Apa Ya Perbedanya?


Warehouse

Warehouse merupakan gedung atau tempat penyimpanan barang secara massal untuk jangka waktu tertentu hingga pendistribusian dilakukan. 

Fungsi warehouse biasanya untuk menyimpan inventory dalam skala besar saja, tanpa embel-embel kegiatan kompleks lainnya. Umumnya, penggunaan warehouse ditujukan kepada bisnis skala besar seperti perusahaan wholesale dan bisnis B2B.

Beberapa perusahaan skala besar terkadang memiliki gudang mereka sendiri untuk menyimpan barang atau stok berlebih. Namun, untuk bisnis skala kecil hingga sedang, menyewa gudang dapat menjadi pilihan yang lebih efisien dan tepat. 


https://fwlogistics.com
https://fwlogistics.com

Distribution Center atau Pusat Distribusi

Dalam Bahasa Indonesia adalah tempat yang digunakan oleh pabrik atau perusahaan ritel untuk menyimpan barang-barang dan produk mereka sebelum dikirimkan ke penjual atau pengusaha grosir. Karenanya, distribution center pun ditujukan untuk keperluan B2B (business to business).

Usia barang yang disimpan di distribution center pun cenderung lebih singkat karena pentingnya pengiriman barang atau produk dalam waktu cepat. Umumnya perusahaan ritel atau pabrik memiliki distribusi center mereka sendiri untuk dikirimkan ke mitra-mitra pengusaha atau penjual lainnya sebelum sampai ke tangan pembeli.

Fulfillment Center

Fulfillment center merupakan tempat penyimpanan inventory yang meliputi aktivitas pendistribusian produk kepada pelanggan. Biasanya fulfillment center dikelola oleh penyedia logistik pihak ketiga (3PL). penyimpanan dan pergerakkan inventory pada fulfillment center lebih cepat berubah sesuai dengan permintaan pelanggan secara real-time. 

Fokus utama fulfillment center tidaklah hanya mengelola penyimpanan inventory, namun juga menjalankan kegiatan packing, pengiriman, dan tracking. Selain itu, fulfillment center juga menerima permintaan pengembalian barang dan pengiriman ulang untuk memenuhi kepuasan pelanggan.


referensi : 

https://flexofast.com/

https://fwlogistics.com

Related

Warehouse 7921243800676972804

Posting Komentar

komentar ini dofollow kawan, berikomentar yang berkualitas dan anti SPAM.

emo-but-icon

Translate

Terbaru

4 Langkah Distribusi Pangan

4 Langkah Distribusi Pangan Produksi      Tahap produksi adalah tempat sumber makanan. Baik mereka menanam, mengembangkan, atau membudidayak...

item